Kamis, 23 April 2009

Arsenal FC


Arsenal FC merupakan klub sepak bola profesional yang bermain di liga Inggris. Klub yang bermarkas di Emirates Stadium Holloway, London Utara dikenal juga dengan The Gunners. Pada saat ini Arsenal merupakan salah satu dari The Big Four liga inggris selain Manchester United, Chelsea dan Liverpol. Klub yang sudah menjuarai Liga Inggris 13 kali, piala FA 10 kali, Piala Liga 2 kali, Piala Winners dan Piala UEFA pada musim 2003-04 hingga awal musim 2004-05 dibawah pelatih Arsene Wenger berhasil mencetak rekor 49 pertandingan tak terkalahkan dan mematahkan rekor milik Nottingham Forest F.C. (42 kali) yang merupakan rekor tak terkalahkan terpanjang di dalam sejarah sepak bola Inggris.

Arsenal didirikan tahun 1886 oleh Royal Arsenal pekerja dan sejak itu telah mengumpulkan banyak penggemar Arsenal. Klub pertama kali bernama Dial Square, tetapi mereka berubah nama menjadi Royal Arsenal dan kemudian ke Woolwich Arsenal. Klub menjadi profesional di 1891 dan dipromosikan ke Divisi Pertama di 1904. Klub telah memenangkan tiga belas Pertama Divisi dan Premier League judul dan sepuluh FA cups, sebagai salah satu yang paling sukses di klub sepakbola Inggris. Arsenal merupakan klub London yang pertama kali mencapai final Liga Champion Eropa.
Sejak berdiri, Arsenal beberapa kali pindah stadion. Mulai dari memakai sebuah lapangan di Woolwich yang bernama Manor Ground, lalu pindah ke London Utara, sekaligus membangun Stadion Highbury dan dipakai pertama kali dipakai pada tahun 1913. Stadion ini dipakai Arsenal hingga pada musim 2005/06 (atau berusia kurang lebih 93 tahun). Sejak bulan Juli 2006 sampai sekarang, klub ini menempati markas barunya, Stadion Emirates yang berkapasitas 60.500 kursi dan terletak di Ashburton Grove dan peresmian pemakaian Stadion Emirates sekaligus pertandingan pertama yang digelar adalah dengan diadakannya sebuah pertandingan persahabatan antara Arsenal dengan para pemain legenda Belanda untuk perpisahan Dennis Bergkamp, seorang mantan penyerang Arsenal.


Sumber : http://id.wikipedia.org

0 komentar:

Posting Komentar