Jumat, 01 Mei 2009

Thierry Henry


Nama : Thierry Daniel Henry
Tanggal Lahir : 17 Agustus 1977
Posisi : Striker
Klub : Barcelona FC
Timnas : Prancis
Pemain bola kelahiran Les Ulis, essonne, Prancis merupakan salah satu penyerang Barcelona FC. Pemain dengan tinggi 1.88 m terkenal memiliki kecepatan luar biasa, briliant bergerak dan akurasi tendangan yang bagus. Henry yang bernomor punggung 14 di Barcelona ini terkenal juga dengan julukan "Titi".
Henry memulai karir sepak bola di usia 7 tahun dengan masuk klub junior Les Ulis, dan kemudian bermain untuk berbagai klub junior selama dekade. Di antaranya adalah US Palaiseau, ES juanjogs-Chatillon, dan Clairefontaine. Adalah ayahnya, Antoine Henry yang selalu mendukung Henry untuk menjadi pemain sepak bola profesional.
Tahun 1992 Henry masuk di klub AS Monaco junior. Tahun 1994 Henry sudah masuk Tim senior AS Monaco dan memulai debut profesionalnya di usia 17 tahun.

Henry kemudian bergabung dengan Juventus sebelum pindah ke Arsenal dengan harga 10,5 juta Pound sterling di tahun 1999.
Di Arsenal Henry menjadi terkenal sebagai pemain kelas dunia. Walaupun Arsenal awalnya mengalami kesulitan di Liga Inggris, Henry tetap bisa muncul sebagai pencetak gol terbanyak hampir setiap musim. Dibawah mentor dan pelatihnya, Arsène Wenger, Henry menjadi penyerang yang sangat terkenal dan pencetak gol terbanyak di Arsenal, dengan 226 gol. Bersama The Gunners, Henry dua kali memenangkan Liga Inggris dan tiga Piala FA, dua kali dinominasikan sebagai Pemain Terbaik Dunia FIFA, dua kali menjadi PFA Players' Player of the Year dan tiga kali menjadi Football Writers' Association Footballer of the Year. Henry menghabiskan dua musim terakhirnya dengan Arsenal sebagai kapten, dan berhasil memimpin klubnya ke final UEFA Champions League. Pada Juni 2007, setelah delapan tahun di Arsenal, Henry pindah ke FC Barcelona dengan biaya transfer sebesan £16,1 juta.



0 komentar:

Posting Komentar