Minggu, 19 April 2009

Manchester United FC


Manchester United FC adalah sebuah klub sepak bola profesional, yang dianggap salah satu klub sepakbola paling sukses di Inggris. Klub yang bermarkas di Old Trafford Stadium ini memiliki lebih dari 300 juta pendukung di seluruh dunia. Manchester United menjadi salah satu klub paling sukses di Inggris; sejak musim 86-87, mereka telah meraih 20 trofi besar - jumlah ini merupakan yang terbanyak di antara klub-klub Liga Utama Inggris, mereka telah memenangkan Premier League 17 kali, dan telah memenangkan 11 kali FA cups, juga memenangkan 3 kali Liga Champions Eropa .
Dibentuk sebagai Newton Heath LYR F.C. pada 1878 sebagai tim sepak bola depot Perusahaan Kereta Api Lancashire dan Yorkshire Railway di Newton Heath, namanya berganti menjadi Manchester United pada 1902.
Sejak akhir tahun 1990-an, yang telah menjadi salah satu klub yang terkaya di dunia, dan baru-baru ini telah sampai di atas pendapatan dari setiap klub sepakbola selama bertahun-tahun berjalan.
Pada 12 Mei 2005, pengusaha Amerika Serikat Malcolm Glazer menjadi pemilik klub dengan membeli mayoritas saham yang bernilai £800 juta (US$1,47 milyar).
Meski sejak dulu telah termasuk salah satu tim terkuat di Inggris, barulah sejak 1993 Manchester United meraih dominasi yang besar di kejuaraan domestik di bawah arahan Sir Alex Ferguson.
Klub yang berjuluk "Setan Merah" ini terkenal memiliki fans yang fanatik. Sekitar 67500 fans selalu memadati old trafford dalam setiap laga kandang MU. "The Red Devils" juga memiliki fans yang sangat besar di Asia termasuk Indonesia.

Sumber : http://id.wikipedia.org


0 komentar:

Posting Komentar